Definisi Gudang

Definisi Gudang

Mengenal Lebih Dalam Pergudangan

 

 

definisi gudang

rak gudang – warehouse

Gudang adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang. Setiap jenis bangunan bisa saja memiliki gudang, misalnya saja gudang pada bangunan pabrik, toko, dan bahkan rumah tinggal.Karena digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, biasanya gudang berpotensi untuk menyimpan debu.Karena itu, peletakan gudang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktivitas lain dalam bangunan tersebut.

Gudang sebaiknya terletak di lokasi yang tidak lembap agar barang-barang kita tak gampang rusak. Asal tidak lembap, gudang bisa diletakkan di mana saja. Agar tak menghabiskan lahan pada rumah tinggal, gudang bisa diletakkan di bawah tangga atau di loteng. Biasanya gudang ini mencakup banyak sekali barang dan jenis-jenis lain.

Pergudangan

Warehouse atau pergudangan berfungsi menyimpan barang untuk produksi atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaanwarehouse adalah akurasi pergerakan barang dan menghitung rentang waktu barang disimpan. Dibutuhkan kontrol aktivitas pergerakan barang dan dokumen untuk meningkatkan efisiensi penggunaan warehouse agar jumlah dan rentang waktu barang disimpan dalam nilai minimum atau sesuai perencanaan.

Warehouse Management System

Warehouse Management System yang didukung teknologi informasi untuk membantu pengawasan pergerakan barang masuk, pergerakan dalam warehouse dan barang keluar. Pengawasan dengan menggunakan sistem, memberikan kemudahan pengelolaan dan nilai tambah warehouse, yaitu:

  1. Memudahkan pengelola warehouse memberikan informasi ketersediaan suatu barang kepada bagian perencanaan produksi atau pengiriman agar ketersediaan barang tetap pada tingkat yang aman
  2. Penempatan barang yang ditentukan oleh sistem sehingga memudahkan penyimpanan, pengambilan dan perhitungan stok
  3. Mengurangi lead time dari aktivitas penyimpanan barang dan pengiriman barang
  4. Ketersediaan beragam informasi mengenai level barang dan utilitas warehouse memudahkan analisis untuk menyusun strategi penggunaan warehouse yang lebih efisien

Komponen Gudang

Komponen Gudang adalah bagian – bagian gudang yang menjadi pondasi utama gudang agar menjadi gudang yang utuh serta dapat menjadi tempat penyimpanan barang yang efektif dan berfungsi dengan baik.

Merencanakan Tata Ruang Suatu Gudang

Hal utama yang harus diperhatikan ketika kita membuat atau merencanakan penggunaan ruang untuk suatu gudang adalah tempat penyimpanan barang serta area untuk penerimaan barang, pemilihan barang dan pengiriman barang.

Kita juga harus memperhatikan beberapa kegiatan pergudangan yang membutuhkan tempat atau ruang dalam gudang, antara lain:

  • Tempat pemeliharaan peralatan.
  • Tempat parkir.
  • Tempat untuk menyimpan barang-barang yang rusak atau barang yang harus dikembalikan atau untuk karantina dan sebagainya.
  • Tempat istirahat untuk para pekerja.
  • Tempat untuk pencatatan atau ruang administrasi.
  • Toilet dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan tersebut, yaitu:

1. Ukuran tempat penyimpanan barang. Ada tiga faktor yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Tempat yang akan dipakai untuk penyimpanan barang dan peralatan.
  • Lorong atau gang antar barang, untuk akses langsung ke barang.
  • Jarak dinding ke barang.

Ruang yang akan dipakai untuk menyimpan barang dan peralatan akan ditentukan oleh karakteristik produk dan volume dari barang atau peralatan tersebut.

Untuk barang yang memakai palet, dimensi palet akan menjadi faktor dasar untuk pengukuran ketika barang disimpan di atas palet. Jika barang yang disimpan lebih besar dimensinya dari pada dimensi palet maka perhitungan ruang akan memakai dimensi barang tersebut.

Lebar gang tergantung pada peralatan yang digunakan dalam area penyimpanan dan metode operasi yang digunakan, manual atau menggunakan peralatan penanganan. Jika peralatan penanganan akan digunakan, lingkaran berputar dari peralatan yang digunakan untuk mengakses barang harus diperhitungkan.

2. Ukuran area penerimaan barang. Tidak ada formula spesifik untuk perencanaan area ini. Jenis dan ukuran kendaraan yang membawa barang akan menentukan apakah diperlukan tempat khusus yang memungkinkan kendaraan tersebut dapat masuk ke dalam gudang untuk melakukan proses pembongkaran atau diperlukan tempat khusus untuk pembongkaran di luar gudang. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi besarnya ruang yang diperlukan. Tempat untuk melakukan pemilahan, kontrol kualitas dan persiapan penyusunan juga harus diperhitungkan berdasarkan jumlah barang yang akan diterima/dikirim atau yang harus ditangani setiap hari. Area khusus juga harus diperhitungkan jika ada barang yang harus diperiksa dan disimpan beberapa saat di tempat khusus itu sebelum hasil pemeriksaan keluar dan membolehkan barang tersebut disimpan atau disusun dengan barang yang lain. Peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan barang ditentukan oleh karakteristik produk dan karakteristik beban per unit. Ukuran dari area penerimaan barang juga akan dipengaruhi oleh metode kerja terkait. Jika barang yang dibongkar dapat dipindahkan langsung ke penyimpanan maka daerah yang diperlukan tidak terlalu besar / lebih kecil daripada jika barang harus disimpan dulu di daerah penerimaan sebelum ke penyimpanan. Juga ada kemungkinan lain yaitu menggunakan ruang yang sama untuk proses pemuatan barang dari gudang. Keuntungan dari penataan  ini adalah fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan orang dan peralatan serta pengurangan jumlah ruang yang dibutuhkan di gudang. Namun ada juga kelemahannya yaitu meningkatnya resiko kemacetan jika kegiatan bongkar muat harus mengambil tempat pada saat yang sama.

3. Ukuran area pengiriman barang. Tidak ada formula spesifik untuk perencanaan area pengiriman ini. Hampir sama dengan area penerimaan barang, jenis dan ukuran kendaraan yang akan mengangkut barang akan menentukan apakah diperlukan tempat khusus yang memungkinkan kendaraan tersebut dapat masuk ke dalam gudang untuk melakukan proses pemuatan barang atau diperlukan tempat khusus untuk pemuatan barang di luar gudang. Area khusus juga harus diperhitungkan jika ada barang yang harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dimuat ke kendaraan pengangkut. Peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan barang ditentukan oleh karakteristik produk dan karakteristik beban per unit. Jika barang yang akan dikirim dapat langsung dimuat ke dalam kendaraan pengangkut maka daerah yang diperlukan tidak terlalu besar / lebih kecil daripada jika barang tersebut harus disimpan terlebih dahulu di daerah pengiriman sebelum diangkut ke kendaraan.

4. Ukuran area pemilihan / pemilahan / sortir barang. Jika barang yang akan diterima harus dipilah atau disortir terlebih dahulu sebelum disimpan maka area pemilahan ini dimasukkan ke dalam perhitungan kebutuhan area. Jumlah barang yang akan dipilah akan menentukan luas daerah yang diperlukan. Selain itu metoda yang akan dipakai untuk proses pemilahan juga akan menentukan luas area yang diperlukan. Termasuk jika diperlukan proses jahit menjahit atau pergantian kemasan barang, maka diperlukan area khusus untuk kegiatan ini.

5. Aliran barang serta tata letak dalam gudang. Hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah:

  • Tata letak ruang untuk semua kegiatan.
  • Lokasi fisik barang di area penyimpanan (massal).
  • Bagaimana barang akan mengalir ke dalam dan keluar dari fasilitas gudang.

Tujuan mendefinisikan aliran dan tata letak dalam fasilitas gudang adalah untuk mengoptimalkan efisiensi arus barang melalui operasi atau kegiatan yang berbeda.

Tahapan pergerakan barang di dalam gudang sebagai berikut:

  • Penerimaan barang dan rotasi barang tersebut.
  • Penyimpanan barang.
  • Pergerakan barang dari tempat penyimpanan ke area pemilahan.
  • Pemilihan barang termasuk pengepakan atau perakitan ulang.
  • Pengeluaran atau pengiriman barang.

Sebisa mungkin pergerakan barang harus mencapai gerakan berkelanjutan melalui suatu proses dan meminimalkan jarak perjalanan dari satu tahap ke tahap berikutnya. Ada dua pilihan tata ruang yang biasanya dipakai, yaitu “through-flow” dan “u-flow”.

Keuntungan memakai u-flow:Definisi Gudang | U-Flow

  • Karena daerah penerimaan dan pengiriman berdampingan, ruangan dapat digunakan secara fleksibel, terutama jika kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada waktu yang berbeda pada hari kerja. Hal ini dapat menghemat ruang secara keseluruhan.
  • Demikian pula, personil dan peralatan dapat digunakan dengan cara yang fleksibel, mengurangi kebutuhan untuk sumber daya secara keseluruhan.
  • Karena akses utama ke gedung hanya satu tempat, maka keamanan lebih mudah untuk dikelolah.
  • Tempat untuk area penyimpanan bisa lebih besar atau banyak.

Bentuk dari through-flow seperti di bawah ini:

Definisi Gudang | Through Flow

 

(lebih…)

Harga Rak Makanan Ringan

Harga Rak Makanan Ringan | www.rajarakminimarket.com

Harga Rak Makanan Ringan murah dan berkualitas

Rak Kain Tempat Penyimpanan Serbaguna 4×6 12284IV

Rak digunakan untuk menyimpan perlengkapan kebutuhan Anda. Bentuknya yang unik berbentuk polkadot dan warnanya yang menarik terinspirasi dari desain Jepang. Rak simpan ini terbuat dari serat kain pilihan yang diolah dengan kualitas terbaik dalam menciptakan rak penyimpanan yang awet dan tahan lama. Rak ini dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan ringan, mainan, saputangan, pakaian dalam, atau jenis perlengkapan kebutuhan pribadi Anda.

Kapasitas Banyak
Dalam satu buah rak kain persembahan Funika ini Anda dapat menampung berbagai barang sekaligus. Ketika ditempatkan di dalam lemari pakaian, gunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian dalam. Ketika diletakkan di dapur, gunakan sebagai tempat bumbu. Desainnya yang unik membuat rak kain cocok digunakan untuk menyimpan apapun.

Harga Rak Makanan Ringan

Rak Kain Tempat Penyimpanan Serbaguna 4×6 12284IV

Apa yang ada di dalam kotak:

  • FUNIKA 12284IV – Rak Kain Tempat Penyimpanan Serbaguna 4×6
Fitur Umum:
SKU FU879HLACKTMANID-140478
Warna Putih
Ukuran (L x W x H cm) 33 x 24 x 8
Berat (kg) 0.2

RAJA RAK INDONESIA

Raja Rak Indonesia yang berdiri sejak 1 Desember 2010 adalah distributor produk berbagai macam rak yang dibutuhkan hampir semua orang terutama rak toko, rak minimarket, rak supermarket dan rak gudang. Disamping menjual berbagai jenis rak, kami juga menjual perlengkapan minimarket non rak seperti : meja kasir, troli belanja, troli barang, keranjang jinjing, tiang antrian, pintu putar, price tag, display harga, hanger pakaian, cermin cembung (mirror supermarket), kontainer plastik, dan lain-lain.
Pada tanggal 1 Oktober 2014 kami mendirikan perusahaan bernama PT.RAJA RAK INDONESIA yang berpusat di Jakarta agar lebih memaksimalkan distribusi berbagai macam rak ke seluruh Indonesia. Adapun website resmi kami adalah http://www.rajarak.co.id.

HARI KERJA :

  • Senin s/d Jum’at, buka mulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB,
  • Sabtu-Minggu, buka mulai pukul 09.00 s/d 16.00

Sistem Pembayaran :

  • Cash On Delivery (COD) untuk area Jabodetabek.
  • Cash Before Delivery (CFD) untuk area luar Jabodetabek

Metode Pembayaran :

  1. Cash (Tunai)
  2. Banking Transfer

Sistem Pengiriman :

  • Dikirim langsung ke tempat pembeli untuk area Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat
  • Dikirim via Jasa Pengiriman (untuk pembeli diluar Jabodetabek), Lihat List Ekspedisi langganan kami.

Biaya Kirim :

  • Wilayah Jakarta : Rp.100.000 + Biaya Pemasangan
  • Wilayah Bogor, Tangerang, Bekasi : Rp.200.000 + Biaya Pemasangan
  • Di luar Jabodetabek : Proporsional ( disesuaikan dengan jarak dan Kuantitas barang)

Area pemasaran : Seluruh INDONESIA

Alamat Kami:

  • Kantor Pusat  :
Jl.Mastrip No.25 Kel.Rambutan, Kec.Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta
  • Showroom  :
Jalan T. B. Simatupang No. 21 Rt.08/03 kel. Rambutan, Kec. Ciracas, Jakarta Timur 13830
(Posisi seberang terminal kampung rambutan, 100m setelah pom bensin dari perempatan pasar rebo ke arah terminal).

Daftar Harga Rak Besi

Daftar Harga Rak Besi | www.rajarakminimarket.com

Daftar Harga Rak Besi murah dan berkualitas

Membuat Rak Besi Sendiri

Daftar Harga Rak Besi, Sebagai salah satu upaya saya & suami untuk mensiasati rumah kami yang kecil & imut, kami membuat rak besi yang digunakan sebagai pengganti gudang. Awalnya mau beli jadi aja. Karena ga yakin bisa bikin rak besi yang sesuai dengan keinginan. Tapi begitu survey harga rak besi, langsung ciut. Tidak sesuai dengan budget yang kami miliki.

Berhubung rak besi itu sangat sangat diperlukan, yo wis lah nekad aja deh bikin sendiri. Berikut material-material yang diperlukan :

  • Besi siku 16 batang (per batang panjangnya 3m)
  • Triplek 1cm 3 lembar (bisa juga pake yang 80mm, tergantung kebutuhan)
  • Besi siku L 150 buah
  • Baut 13′ 210 buah
  • Gergaji besi & meteran

Belanja material tersebut hanya menghabiskan +/- Rp. 700.000. Muraaahhh kannnn 🙂

Rak besi yang disusun berukuran : pj : 215cm  lb : 65cm  t : 210cm, memiliki 4 rak. Berikut cara pembuatannya :

  • Potong besi siku dengan gergaji besi. Besi dengan pj 215cm sebanyak 10 batang, besi dengan pj 65cm sebanyak 10 batang, besi dengan pj 210cm sebanyak 4 batang, besi dengan pj 50cm sebanyak 8 buah, besi sebanyak 60cm sebanyak 5 buah.
  • Rakit besi-besi tersebut membentuk rak dengan ukuran sesuai di atas. Besi 215cm menjadi rangka panjang, besi 65cm sebagai rangka lebar, besi 210cm sebagai rangka tinggi, besi 50 sebagai penguat tengah rangka tinggi, besi 60cm sebagai penguat tengah rangka lebar.
  • Rangkai besi dengan menyambungkannya menggunakan baut 13′ dan besi siku L sebagai penguat di setiap siku rak.
  • Potong triplek yang disesuaikan dengan besar setiap lapis rak.

Voila…. Jadilah rak besi buatan sendiri!

Karena belum sempet mau fotoin rak besi, saya kasih ilustrasi rak besi yang paling mirip ya. Ntar kalo udah sempet, baru deh difotoin hasilnya.

Selamat Mencoba! 🙂

Rak Minimarket Jayapura Papua

Rak Minimarket Jayapura Papua

Rak Minimarket Jayapura Papua

Kota Jayapura – Provinsi Papua

Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Kota ini terletak di teluk Jayapura.

Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachses dari kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910. Dari tahun 1910 ke 1962, kota ini dikenal sebagai Hollandia dan merupakan ibu kota distrik dengan nama yang sama di timur laut pulau Papua bagian barat. Kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sukarnopura (Sukarnapura, 1964) sebelum memangku nama yang sekarang pada tahun 1968. Arti literal dari Jayapura, sebagaimana kota Jaipur di Rajasthan, adalah ‘Kota Kemenangan’ (bahasa Sanskerta: jaya yang berarti “kemenangan”; pura: “kota”).

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Jayapura)

Saat ini, bisnis ritel makin menjamur. Fenomena ini terlihat dari banyaknya minimarket yang semakin tersebar di banyak tempat terutama Jayapura Papua. Meningkatnya konsumsi masyarakat menjadi pemicu bisnis ini makin banyak pelakunya. Meski begitu, bisnis ritel ini tetap menjanjikan.

Karena banyaknya pesaing, Anda harus memiliki strategi khusus jika ingin terjun di bisnis ini dengan membuka minimarket sendiri untuk menghemat biaya investasi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
  1. Investasi yang dikeluarkan untuk membuka minimarket sangat fleksibel. Pastikan, modal yang Anda siapkan cukup untuk membuat gerai, display dan juga belanja barang. Apabila Anda telah punya lokasi sendiri, tentunya modal yang Anda keluarkan dapat ditekan. Misalkan, Anda ingin memiliki minimarket yang persediaan barangnya setara ritel ternama seperti Indomaret atau Alfamart Anda dapat menggelontorkan Rp 50 juta untuk membeli barang.
  2. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah di akses. Lokasi yang Anda pilih lebih baik berada di pinggir jalan ramai, lebih baik di pertigaan atau perempatan. Lokasi di gerbang masuk kompleks juga cukup baik. Ingat, lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda.
  3. Jika lokasi usaha ritel berada di kawasan mewah, jualah produk yang berkelas. Kalau perlu, Anda juga menjual produk impor yang akan membuat minimarket Anda makin berkelas.
  4. Pastikan minimarket yang Anda kelola memberikan pelayanan lebih dibanding kompetitor yang ada. Misalkan, tawarkan layanan antar barang untuk penjualan dalam jumlah tertentu.

Tentu kami, Raja Rak Indonesia (Distributor Rak Minimarket Jayapura Papua), memberikan penawaran untuk bisnis Anda, sehingga investasi, lokasi, produk dan pelayanan bisa prima, yaitu antara lain :

  1. Harga Rak kompetitif (harga disetiap wilayah pemasaran sama hanya disesuaikan dengan biaya pengiriman)
  2. Kami bisa membantu Anda mendesain layout rak untuk minimarket, toko atau gudang Anda.
  3. dan lain-lain.

Tim solid kami siap membantu Anda dalam membuat toko atau minimarket Anda sendiri.

Hubungi kami :

Didin             e : [email protected] t. 0812-8855-1012

Idris               e: [email protected] t. 0812-9678-6785

Okim              e : [email protected] t. 0852-2009-6953

Wahyu           e : [email protected] t. 0812-9678-6700

 

hubungi-kami

Rak Minimarket Manokwari Papua Barat

Rak Minimarket Manokwari Papua Barat

Rak Minimarket Manokwari Papua Barat

Kota Manokwari – Provinsi Papua Barat

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat, Indonesia. Manokwari juga merupakan ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota ini memiliki luas wilayah 1.556,94 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 99.488 jiwa.

Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah bagi masyarakat Kristen di Papua karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang satu sama lain. Pulau Mansinam dapat dicapai dengan menyewa kapal atau speedboat dari Pelabuhan Ketapang, di jalan Pasir Putih. Manokwari membentang di Teluk Doreri, dan di tengah perbukitan rendah didominasi oleh pegunungan Arfak di selatan.

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Manokwari_%28kota%29)

Saat ini, bisnis ritel makin menjamur. Fenomena ini terlihat dari banyaknya minimarket yang semakin tersebar di banyak tempat terutama Manokwari Papua Barat. Meningkatnya konsumsi masyarakat menjadi pemicu bisnis ini makin banyak pelakunya. Meski begitu, bisnis ritel ini tetap menjanjikan.

Karena banyaknya pesaing, Anda harus memiliki strategi khusus jika ingin terjun di bisnis ini dengan membuka minimarket sendiri untuk menghemat biaya investasi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
  1. Investasi yang dikeluarkan untuk membuka minimarket sangat fleksibel. Pastikan, modal yang Anda siapkan cukup untuk membuat gerai, display dan juga belanja barang. Apabila Anda telah punya lokasi sendiri, tentunya modal yang Anda keluarkan dapat ditekan. Misalkan, Anda ingin memiliki minimarket yang persediaan barangnya setara ritel ternama seperti Indomaret atau Alfamart Anda dapat menggelontorkan Rp 50 juta untuk membeli barang.
  2. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah di akses. Lokasi yang Anda pilih lebih baik berada di pinggir jalan ramai, lebih baik di pertigaan atau perempatan. Lokasi di gerbang masuk kompleks juga cukup baik. Ingat, lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda.
  3. Jika lokasi usaha ritel berada di kawasan mewah, jualah produk yang berkelas. Kalau perlu, Anda juga menjual produk impor yang akan membuat minimarket Anda makin berkelas.
  4. Pastikan minimarket yang Anda kelola memberikan pelayanan lebih dibanding kompetitor yang ada. Misalkan, tawarkan layanan antar barang untuk penjualan dalam jumlah tertentu.

Tentu kami, Raja Rak Indonesia (Distributor Rak Minimarket Manokwari Papua Barat), memberikan penawaran untuk bisnis Anda, sehingga investasi, lokasi, produk dan pelayanan bisa prima, yaitu antara lain :

  1. Harga Rak kompetitif (harga disetiap wilayah pemasaran sama hanya disesuaikan dengan biaya pengiriman)
  2. Kami bisa membantu Anda mendesain layout rak untuk minimarket, toko atau gudang Anda.
  3. dan lain-lain.

Tim solid kami siap membantu Anda dalam membuat toko atau minimarket Anda sendiri.

Hubungi kami :

Didin             e : [email protected] t. 0812-8855-1012

Idris               e: [email protected] t. 0812-9678-6785

Okim              e : [email protected] t. 0852-2009-6953

Wahyu           e : [email protected] t. 0812-9678-6700

 

hubungi-kami

Rak Minimarket Sofifi Maluku Utara

Rak Minimarket Sofifi Maluku Utara

Rak Minimarket Sofifi Maluku Utara

Kota Sofifi – Provinsi Maluku Utara

Sofifi adalah ibu kota baru Provinsi Maluku Utara sejak 4 Agustus 2010.[1] Kedudukannya sebagai ibu kota provinsi sudah di rencanakan sejak pecahnya Maluku Utara dari Maluku tahun 1999, Ternate menjadi ibu kota sementara provinsi ke-27 Indonesia itu.

Gubernur Maluku Utara, Thaib Armain telah menetapkan ibu kota Maluku Utara akan dipindah ke Sofifi awal tahun 2007. Keterlambatan ini disebabkan oleh kurangnya infrastruktur di kota tersebut.

Sofifi berada di Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore dan merupakan bagian dari poros Pulau Halmahera, di seberang Pulau Ternate.

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sofifi_%28kota%29)

Saat ini, bisnis ritel makin menjamur. Fenomena ini terlihat dari banyaknya minimarket yang semakin tersebar di banyak tempat terutama Sofifi Maluku Utara. Meningkatnya konsumsi masyarakat menjadi pemicu bisnis ini makin banyak pelakunya. Meski begitu, bisnis ritel ini tetap menjanjikan.

Karena banyaknya pesaing, Anda harus memiliki strategi khusus jika ingin terjun di bisnis ini dengan membuka minimarket sendiri untuk menghemat biaya investasi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
  1. Investasi yang dikeluarkan untuk membuka minimarket sangat fleksibel. Pastikan, modal yang Anda siapkan cukup untuk membuat gerai, display dan juga belanja barang. Apabila Anda telah punya lokasi sendiri, tentunya modal yang Anda keluarkan dapat ditekan. Misalkan, Anda ingin memiliki minimarket yang persediaan barangnya setara ritel ternama seperti Indomaret atau Alfamart Anda dapat menggelontorkan Rp 50 juta untuk membeli barang.
  2. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan mudah di akses. Lokasi yang Anda pilih lebih baik berada di pinggir jalan ramai, lebih baik di pertigaan atau perempatan. Lokasi di gerbang masuk kompleks juga cukup baik. Ingat, lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda.
  3. Jika lokasi usaha ritel berada di kawasan mewah, jualah produk yang berkelas. Kalau perlu, Anda juga menjual produk impor yang akan membuat minimarket Anda makin berkelas.
  4. Pastikan minimarket yang Anda kelola memberikan pelayanan lebih dibanding kompetitor yang ada. Misalkan, tawarkan layanan antar barang untuk penjualan dalam jumlah tertentu.

Tentu kami, Raja Rak Indonesia (Distributor Rak Minimarket Sofifi Maluku Utara), memberikan penawaran untuk bisnis Anda, sehingga investasi, lokasi, produk dan pelayanan bisa prima, yaitu antara lain :

  1. Harga Rak kompetitif (harga disetiap wilayah pemasaran sama hanya disesuaikan dengan biaya pengiriman)
  2. Kami bisa membantu Anda mendesain layout rak untuk minimarket, toko atau gudang Anda.
  3. dan lain-lain.

Tim solid kami siap membantu Anda dalam membuat toko atau minimarket Anda sendiri.

Hubungi kami :

Didin             e : [email protected] t. 0812-8855-1012

Idris               e: [email protected] t. 0812-9678-6785

Okim              e : [email protected] t. 0852-2009-6953

Wahyu           e : [email protected] t. 0812-9678-6700

 

hubungi-kami