V. 5 Membeli pada Supplier Perusahaan

V. 5 Membeli pada Supplier Perusahaan

 

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Membeli pada Supplier Perusahaan

 

 

Suplier

Setelah toko berkembang baik, Anda tentunya akan memerlukan pemasok yang lebih banyak sehingga kemungkinan untuk berhubungan langsung dengan perusahaan akan menjadi suatu keharusan. Biasanya untuk mendapatkan barang murah, perusahaan akan menetapkan jumlah pengambilan tertentu pada toko-toko yang menjadi pelanggannya. Memang, aturan seperti ini akan memberatkan toko yang berkapasitas kecil, bermodal kecil atau toko yang baru saja dibuka.

Ada seorang customer saya yang amat pintar menyiasati persoalan seperti ini. Sebelum melakukan pemesanan pada perusahaan, dia menghubungi segenap kenalannya yang membuka usaha sama, atau orang-orang lain di sekitar tokonya. Prioritas yang diberikan biasanya untuk anggota kelompoknya kemudian orang-orang sekitar toko yang baru dikenalnya atau yang baru saja bergabung dalam kelompoknya. Setelah itu, customer saya membeli sejumlah barang yang akan mendapatkan potongan harga sesuai “syarat” yang diberikan oleh perusahaan. Barang yang telah datang akan segera dikirimkan kepada anggota kelompoknya. Membeli secara kolektif demikian sangatlah bermanfaat bagi toko-toko yang memiliki modal kecil.

Supplier akan menjadi sumber utama untuk mendapatkan barang-barang murah dan hal ini bisa dilakukan dengan membeli secara kelompok. Apabila tidak bisa membeli secara kelompok, maka Anda bisa meminta bantuan pada salesman agar mau menggabungkan pembeliannya dengan toko-toko yang membeli dalam jumlah besar. Tidak menutup kemungkinan Anda akan ditolongnya. karena salesman sangat dituntut untuk melakukan penjualan sebanyak-banyaknya. Meminta tolong pada salesman banyak dilakukan oleh customer saya untuk mendapatkan barang murah, yaitu dengan diskon tertinggi meskipun tidak membeli dengan jumlah yang telah disyaratkan.

Mendapatkan barang murah di sini bukan bermaksud agar Anda menjual barang-barang berharga murah, tetapi Anda dituntut untuk mencari barang-barang murah yang bisa dijual dengan harga murah. Tujuannya, agar Anda dapat bersaing dengan toko-toko yang berada di sekitar Anda. Menjual mahal sangatlah berbahaya untuk jangka panjang toko Anda. Sehingga dalam buku ini saya uraikan cara-cara mendapatkan barang murah agar Anda berhasil mengelola toko dan melewati masa krisis yang serba menyulitkan ini.

V. 4 Dari Hipermarket: Makro, Indogrosir, dan lain-lain

V. 4 Dari Hipermarket: Makro, Indogrosir, dan lain-lain

 

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Dari Hipermarket: Makro, Indogrosir, dan lain-lain

 

 

logopost1

Memperoleh barang murah bisa juga didapat dari toko super besar seperti Mar lau toko-toko super besar lainnya. Hal ini is mungkin karena toko super besar akan membeli dalam jumlah besar pula pada perusahaan. Bila mendapatkan harga murah dari perusahaan, akhirnya toko super besar itu juga akan menjualnya dengan murah. Dan pemilik toko kecil bisa memanfaatkan momen seperti ini. Sehingga barang murah yang dijual oleh toko besar itu dapat dijual kembali ke konsumen akhir dengan harga normal atau harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan oleh produsen.

Harga yang dimiliki Makro memang akan menjadi lebih murah bila dibanding dengan harga yang diberikan oleh salesman dari perusahaan tertentu. Tidak menutup kemungkinan, harga yang murah dari toko super besar itu memang menjadi strategi toko besar untuk menjaring pembeli sebanyak mungkin melalui program-programnya. Program-programnya bisa dalam bentuk pasar murah produk tertentu. Mengapa toko super besar bisa mengadakan pasar murah sedangkan toko kecil tidak bisa melaksanakan? Biasanya toko super besar memang dengan sengaja meminta kepada pemasok, harga khusus untuk pasar murah dengan diskon tertentu. Yang mestinya diskon untuk toko super besar sebagai keuntungan, tetapi akhirnya diberikan kepada pembeli. Dengan demikian, bisa dimanfaatkan toko-toko kecil maupun perorangan yang membeli barang dalam jumlah banyak untuk dipakai sendiri.

Produk-produk yang dijual dengan promosi, tak jarang selalu muncul di rak-rak toko super besar, sebagai program yang paling istimewa untuk dilirik. Produk-produk yang dijual dengan cara promosi, misalnya sabun Cusson bendit berisi lima akan mendapat sebuah sikat gigi cantik untuk anak-anak. produk pembersih lantai yang berhadiah sabun bubuk. 400 gram, atau produk tisu bendit berisi dua dengan hadiah satu sachet sampo. Semua even seperti ini merupakan kesempatan bagi pemilik toko untuk mempertimbangkan kemungkinannya barang-barang itu dijual dengan cara eceran tanpa hadiah. Sehingga keuntungan yang didapat selain selisih harga jual dan beli. Anda akan memperoleh keuntungan barang-barang yang menjadi hadiah. Bukankah barang hadiah itu bisa dijual sehingga akan menambah lagi keuntungan bagi Anda?

Selain harus rajin mendatangi toko agen, toko grosir, dan menerima kehadiran salesman, Anda juga perlu datang ke toko super besar untuk mendapatkan barang murah yang berhadiah. Jika Anda tidak aktif tentunya Anda tidak akan pernah memperoleh barang murah yang berasal dari toko super besar itu. Apalagi bila modal kita hanya pas-pasan, maka cara seperti inilah yang ditempuh untuk kemajuan tokoAnda.

Anda boleh saja tidak serius untuk mencari barang-barang itu pada saat jam kerja. Tapi cobalah Anda datang pada saat hari-hati libur misalnya. Anda menyediakan waktu untuk berjalan-jalan dengan istri dan anak untuk melihat-lihat. barangkali ada barang yang menurut Anda cocok dan bisa dijual ditoko Anda. Semakin rajin Anda datang ke tempat-tempat seperti ini, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan barang-barang seperti yang Anda inginkan dan beruntung banyak Anda tidak sendiri pada saat barang-barang itu, tetapi mungkin sudah banyak orang lain yang sedang berkompetisi untuk memperebutkan barang yang sama

Selain produk-produk Program promosi Pemilik toko dapat mencari produk-produk komplementer yang berharga murah. Misalnya tisu merek A yang berharga Rp 1000,00/ pcs bisa digantikan dengan tisu merek lain yang berharga Rp 800,00/pcs. Anda akan memperoleh keuntungan yang berlipat jika menggunakan cara seperti ini. Produk yang sama besar bisa dijual dengan harga yang sama, padahal Anda membelinya lebih rendah. Anda bisa memperoleh keuntungan dari produk pengganti jika produk yang Anda inginkan tidak terlalu tergantung pada merek. Anda juga akan memperoleh peluang untuk menjual barang yang tidak terkenal, jika pembeli tidak terlalu peduli dengan merek barang itu. Produk terkenal amat langka di pasaran dan Anda merasa yakin dengan produk komplementer itu.

Kunjungan Anda ke toko-toko superbesar juga akan memberi wawasan baru terhadap harga jual yang telah Anda buat di toko Anda. Apabila Anda telah menetapkan harga jual barang-barang di toko Anda dengan benar, Anda tak perlu lagi untuk menggantinya. Sebaliknya, jika harga yang Anda berikan tidak sesuai dengan harga di pasar, mungkin terlalu rendah atau tinggi, maka Anda dapat segera menggantinya. Informasi harga yang Anda peroleh dari toko superbesar amat bermanfaat sehingga toko Anda akan dapat bersaing dengan toko-toko lain.

V. 3 Barang Murah Dari salesman Free Lаnce

V. 3 Barang Murah Dari salesman Free Lаnce

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Barang Murah Dari salesman Free Lаnce


Barang yang berasal dari salesman freelance tidak dinaungi oleh perusahaan juga bisa menjadi sumber untuk mendapatkan barang murah. Dalam prakteknya. barang-barang  yang dijual oleh suatu pemasok akan lebih mahal bila dibandingkan dengan yang oleh salesman. Bisa jadi keadaan itu demikian, bila si salesman admurahalah seorang wirausaha yang berhubungan langsung dengan produsen. maka kemungkinan salesman tersebut mendapatkan harga murah karena adanya program promosi ketika membeli barang dalam jumlah besar. Salesman free lance bersinergi dengan toko-toko grosir untuk mendapatkan barang dengan harga program promos: Misalnya produk Kratingdaeng. Seorang pemilik toko grosir yang hanya mampu menyerap barang itu sejumlah 200 karton dipaksa oleh pabrik untuk membeli sejumlah 1000 karton dengan potongan tertentu. Bagaimana supaya mendapat potongan meskipun hanya membeli sejumlah kapasitas, yaitu 200 karton? Caranya, toko grosir itu mengajak rekan bisnis untuk membeli barang itu secara gotong royong. Kemudian apabila barang-barang yang telah didapatitu melebihi kapasitas yang harus diserap akan dibagikan kepada salesman free lance.

Dengan mengikuti program dari suatu perusahaan, mau tidak mau salesman free lance akan masuk dalam kelompok untuk mendapatkan fasilitas harga murah dari produsen. Caranya, dengan membeli barang yang telah didapat oleh toko-toko grosir, yang membeli dalam jumlah besar. Biasanya karena target melampaui kapasitas itu, maka pemilik toko grosir atau salesman kewalahan dan menjual barang-barang itu dengan harga neto, dan menjadi sangat murah bagi toko yang tidak mengikuti program.

Namun, menjadi peringatan pula untuk semua pemilik toko agar berhati-hati dengan harga yang sangat murah, baik dari toko-toko grosir dan agen, terutama dari salesman free lance, mengenai barang-barang murah itu. Bisa jadi, barang-barang murah itu merupakan produk-produk berkualitas nomor yang palsu. Pernah seorang Customer da teliti dengan barang-barang seperti ini. Biasanya barang-barang yang “dipalsukan adalah barang-barang dengan harga yang lumayan mahal dan barang-barang itu sangat mudah lakunya. Membeli barang murah sangat mengandung risiko apalagi barang-barang murah itu tidak Anda beli dari sub seperti dari agen resminya, dari distributor aslinya, atau toko-toko grosir yang  kompeten Bila Anda mengenal salesmaan free lance dengan baik dan mau bertanggung “. dengan barang yang dijual, maka membeli barang murah dari salesman free lance tidak memerlukan pertimbangan lagi.

V. 2 Barang Murah dari Toko Agen

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Barang Murah dari Toko Agen 

 

 

belanja murah

Barang murah bisa pula Anda dapat dari toko agen. Sayangnya toko agen hanya menjual produk terbatas. Kebanyakan toko agen hanya menjual produk-produk tertentu perusahaan. Berbeda dengan toko grosir yang menjual beraneka ragam produk. Mengapa agen dikatakan sebagai sumber untuk membeli produk yang murah? Sebagai penyalur suatu produk tentunya toko agen akan melayani banyak pelanggan dengan harga partai. Membeli di toko agen memang tidak bisa sedikit seperti membeli disebuah toko grosir. Membeli di toko agen hanya jika Anda benar-benar membutuhkan dalam jumlah besar. Misalnya, jika toko Anda juga menjual minyak tanah, biasanya untuk mendapatkan harga minyak tanah yang murah tentunya Anda akan berhubungan dengan toko agen penjual minyak tanah. Begitu pula jika Anda ingin mendapatkan rokok yang murah, Anda akan mendatangi toko agen rokok tertentu.

Banyak sekali toko agen yang semula hanya menjual produk tertentu, sekarang ini menjurus sebagai toko grosir yaitu menjual dengan berbagai macam produk. Namun bila Anda sebagai pemilik toko, Anda tak perlu lagi mempermasalahkan istilah toko agen dan grosir, sebab yang penting bagaimana Anda menyiasati agar Anda bisa mendapatkan barang murah dari tempat-tempat itu.

Untuk mendapatkan barang tertentu seperti rokok, susu, dan obat-obatan biasanya toko agen memberikan harga lebih murah dibanding harga yang diberikan oleh salesman perusahaan. Mengapa bisa menjadi demikian ? Pertama yang harus diketahui adalah perusahaan biasanya membagi divisi pemasaran mereka menjadi tiga bagian. Divisi itu antara lain: 1. divisi agen atau grosir di mana salesman-salesman-nya memberikan diskon khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu; 2 divisi supermarket yaitu perusahaan akan memberikan diskon tertentu untuk pembelian atau jumlah tertentu kepada supermarket dan akan memberikan diskon potongan jika dilangsungkan program promosi; 3.salesman kanvas atau bagian retailer yaitu salesman yang tugas utamanya mendistribusikan produk-produk secara merata ke toko-toko. Sehingga konsumen dengan cepat mendapatkan produk itu dan biasanya harga yang diberikan akan lebih mahal dibanding dengan harga yang diberikan kepada toko agen atau grosir. Hal ini disebabkan, untuk melakukan kanvas diperlukan biaya operasional yang besar.

Jadi, disini jelas harga yang diterima oleh pemilik toko yang bukan sebagai toko grosir atau toko agen akan jauh lebih mahal, dibanding membeli pada toko yang berjenis grosir atau agen. Tapi dalam prakteknya, sebuah toko akan mendapatkan diskon yang sama jika membeli dalam jumlah yang sama seperti yang dibeli oleh toko agen atau grosir.

V. 1 Toko Grosir di Pusat Perdagangan

V. 1 Toko Grosir di Pusat Perdagangan

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Toko Grosir di Pusat Perdagangan

 

toko grosir

Yang dimaksud dengan toko grosir dipusat perdagangan adalah toko besar yang berada di pusat-pusat perdagangan yang menjual barang-barangnya secara partai. Toko grosir biasanya

menjual beraneka produk yang berasal dari berbagai produsen baik yang berada di dalam negeri ataupun dari luar negeri. Misalnya di Surabaya, pusat perdagangan yang banyak memiliki toko grosir dan terkenal adalah di wilayah seputar Kembang Jepun. Di wilayah seperti inilah banyak berdiri toko-toko grosir yang menjual barang-barang dalam jumlah besar dan berharga murah. selain merupakan toko yang besar ada beberapa yang menjadi distributor resmi produk-produk dari suatu produsen. Biasanya toko grosir yang menjadi distributor suatu perusahaan, selain menjual produk beraneka, juga menjual produk spesial dari produsen tertentu yang melimpahkan pendistribusian ke toko grosir tersebut. Dari distributor itulah Anda akan mendapatkan barang murah. Selain itu. Anda akan mendapatkan barang-barang murah, yang merupakan produk impor. yang akhir-akhir ini membanjir. Produk-produk impor yang tidak ternama akan menambah keuntungan toko Anda bila Anda bisa mendapatkan dengan harga murah. Hal ini juga tergantung pada Anda sebagai pemilik toko. Seperti yang dianjurkan tadi bahwa untuk mendapatkan barang murah harus berani berspekulasi. Hanya dengan keberanian untuk berspekulasi, Anda pasti akan membeli barang-barang impor yang beraneka ragam. Bila menurut tafsiran Anda barang-barang itu pasti akan laku, maka belilah barang-barang itu. Sebaliknya, bila menurut tafsiran barang itu tidak laku, maka janganlah Anda mengambil keputusan untuk membeli barang itu. Dan untuk menimbulkan keberanian dalam mengambil keputusan, Anda harus belajar. Belajar dan terus belajarlah agar Anda terbiasa untuk mengambil keputusan membeli produk yang menurut Anda bisa laku.

Untuk mendapatkan barang murah dari toko grosir, Anda juga dituntut agar mau berkeliling. Anda berhak mengunjungi tokotoko grosir itu dan menanyakan barang yang Anda perlukan. Bandingkanlah harga-harga yang telah Anda dapat itu, apakah di toko yang pernah Anda kunjungi tadi lebih murah atau mahal untuk jenis produk tertentu. Jika ternyata lebih murah di tempat yang baru, mulailah untuk menanyakan barang-barang lain yang Anda perlukan dan bandingkan lagi dengan harga yang telah Anda peroleh di tempat sebelumnva. Dan jika ternyata murah

juga, maka pilihan Anda untuk berbelanja di toko grosir itu telah tepat.

Kadang-kadang banyak pemilik toko yang enggan untuk berkeliling mencari produk yang sama di tempat lain. Jika telah berbelanja di suatu tempat tidak mau pindah ketempat lain, sehingga pemilik toko tidak mengetahui adanya perkembangan mengenai produk-produk baru yang bisa menguntungkan bila dijual kembali. Seorang customer saya bila siang hari tokonya telah tutup, akan pergi ke pusat-pusat perdagangan dan mencari barang-barang baru untuk mengisi tokonya. Misalnya saja alat-alat tulis selalu digantinya dengan merek-merek lain. Tujuannya adalah mendidik para konsumennya untuk tidak tergantung pada merek tertentu, tetapi selalu berorientasi pada model-model yang baru. Alat-alat tulis yang selalu berganti model akan menguntungkan sekali. Dan adanya barang baru akan menjadikan toko Anda lebih semarak.

Memburu barang yang baru saja diiklankan harus Anda lakukan segera, karena produk yang baru saja diiklankan biasanya banyak sekali peminatnya. Sementara itu, produsen belum begitu merata mendistribusikannya. Kelangkaan akan barang dapat “mendongkrak” harga barang itu sendiri. Sehingga jika Anda telah mendapatkan barang itu dengan cepat, berarti Anda telah memperoleh peluang mendapatkan harga yang layak sebelumbarangitu jatuh ketangan pihak ke tiga. Catatlah selalu event-event tertentu untuk barang-barang yang selalu laku setelah iklannya ditayangkan di televisi. Misalnya. barang-barang Unilever akan selalu laku setelah produknya diiklankan di televisi. Begitu juga dengan produk-produk yang dihasilkan oleh produsen terkenal lainnya.

Mencari barang murah di toko grosir juga diperlukan strategi dengan caramau mendekati pemilik toko grosir. Jika Anda telah mengenal pemilik toko dengan baik dan telah seperti keluarga, maka persoalan harga akan menjadi nomor satu. Pemilik toko akan memperlakukan Anda sebagai partner usaha untuk selamanya. Tidak jarang Anda akan diberikan barang-barang murah yang mungkin tidak akan pernah Anda peroleh di tempat lain. Seperti pada istilah di atas, pemilik toko-toko grosir yang telah menganggap Anda sebagai “hoping” akan selalu memperhatikan Anda dengan memberikan barang “gangdo”. Tidak jarang setelah Anda menjadi “hoping” pemilik toko, Anda telah menemukan sumber dana yang mungkin tak bisa ditandingi bila dibanding dana yang berasal dari bank. Anda memperoleh kredit dari bank melalui berbagai birokrasi, tapi bila Anda telah menjadi “hoping” pemilik toko grosir, maka Anda telah memiliki sumber dana yang murah dari toko grosir itu. Anda pasti akan diberi kredit berupa barang yaitu dengan membayar barang-barang itu menggunakan giro bilyet satu bulan kemudian, atau membayarnya dengan uang tunai tepat pada satu bulan kemudian pula bila Anda tidak memiliki girobilyet atau cek. Itu semua merupakan cara-cara mendapatkan barang murah dan sumber dana murah.